Contoh Pidato Singkat mengenai Pahlawan 2018

Posted on

Contoh Pidato Singkat mengenai Pahlawan – Menjelang tanggal 10 november yang biasa diperingati bersama hari pahlawan umumnya anak-anak sekolah atau para guru disibukan mengenai membuat sebuah pidato yang berhubungan bersama pahlawan indonesia.

Contoh Pidato Singkat mengenai Pahlawan 2018

Membuat sebuah pidato sebenarnya cukup mudah akan tetapi penyampaiannya terkadang tidak mudah, butuh tahu isi pidato lebih dalam agar penyampaiannya juga dapat membangkitkan semangat banyak orang, untuk itu kebanyakan lebih menyukai bentuk pidato yang pendek agar bisa dihafal bersama mudah.

Sebagai bahan referensi untuk membuat pidato yang berhubungan bersama hari pahlawan, dibawah ini saya kumpulkan beberapa contoh yang bisa para pembaca tiru sebagian atau keseluruhan isi pidatonya, bersama harapan bisa membantu pekerjaan kalian.

Contoh pidato hari pahlawan I

Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang terhormat kepada Bapak kepala sekolah serta Bapak Ibu guru & teman-teman yang saya sayangi. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat bertemu pada hari ini dalam peringatan hari pahlawan bersama keadaan sehat wal-afiat.

   Tgl 10 Nopember / biasa kita kenal bersama hari pahlawan adalah hari dimana rakyat indonesia merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Semangat & keberanian para pahlawan haruslah kita teladani. Kita sebagai generasi penerus seharusnya mencontoh sikap para pahlawan yang berani berkorban demi bangsa indonesia, tugas kita saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan & mengisi kemerdekaan sesuai bersama perkembangan zaman.

   bersama bekal pendidikan kita bisa menjadikan bangsa ini sejahtera, maju, dan sama bersama bangsa lain. Ini juga merupakan cita-cita luhur yang harus kita wujudkan sebagai generasi muda indonesia. Melalui hari pahlawan kita berharap semoga bangsa kita menjadi bangsa yang produktif & kreatif yang berguna bagi bangsa & negara, agar terwujud generasi muda indonesia yang berkualitas & rela berkorban.

   Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita seluruh, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih atas perhatianya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Hari Pahlawan II

Assalamualaikum wr wb.
Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukir kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan nikmatnya sehingga kita bisa berkumpul pada hari ini memperingati hari pahlawan. Terimakasih saya ucapkan kepada Bapak Ibu Guru dan teman-teman yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memberikan pidato singkat di hari pahlawan ini.
Bapak Ibu Guru yang saya hormati dan teman-teman seperjuangan.
Hari ini kita memperingati hari pahlawan, merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia bersama pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.
tiap-tiap tahun kita mengenang jasa para pahlawan. Namun terasa, mutu peringatan itu menurun dari tahun ke tahun.

Kita sudah makin tidak menghayati makna hari pahlawan. Peringatan yang kita lakukan sekarang cenderung bersifat hanya seremonial saja. Memang kita tidak ikut mengorbankan nyawa seperti para pejuang di Surabaya pada waktu itu.Tugas kita saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai bersama perkembangan zaman. Saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, rakyat telah mengorbankan nyawanya. Kita wajib menundukkan kepala untuk mengenang jasa-jasa mereka. Karena itulah kita merayakan Hari Pahlawan tiap-tiap 10 November.Akan tetapi kepahlawanan tidak hanya sekedar itu saja.

Dalam mengisi kemerdekaan pun kita dituntut untuk menjadi pahlawan. Menghadapi situasi seperti sekarang kita berharap muncul banyak pahlawan dalam segala bidang kehidupan. Bangsa ini sedang membutuhkan banyak pahlawan, pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang damai, Indonesia yang adil dan demokratis, dan Indonesia yang bersih dan bebas korupsi.

Kita sebagai generasi muda harus meneruskan cita-cita para pahlawan untuk memajukan bngsa Indonesia. Kita juga perlu meneladani sikap patriotisme dan rela berkorban yang dilakukan oleh para pahlawan yang telah mendahului kita. Selayaknya kita tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan karena tanpa jasa mereka kita tidak bisa menikmati kehidupan seperti sekarang ini.
Kita sebagai generasi penerus bangsa,bersama memperingati hari pahlawan ini kita bisa saling introspeksi diri,menruskan perjuangan para pahlawan dulu bersama belajar bersama sungguh-sungguh,membahagiakan orang tua serta berguna bangsa dan negara untuk memajukan Republik Indonesia.Itulah pahlawan sekarang…

Demikianlan pidato singkat saya di hari pahlawan ini..jika ada kata-kata saya yang salah, saya mohon maaf..

Wasalamualaikum wr wb

Contoh Pidato mengenai Pahlawan III

Assalamu’alaikum Wr. Wb.Dalam kesempatan kali ini, Saya akan berpidato yang bertemakan “Perjuangan Pahlawan”. Tapi pertama-tama, marilah kita memanjatkan puja dan puji Syukur kepada Allah SWT, karena atas berkat dan rahmat-Nya kita dapat bertemu di ruangan ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Shalawat serta Salam kita panjatkhan kepada Nabi Muhammad SAW yang kita tunggu-tunggu syafa’atnya di Yaumul Khiamat nanti, Allahuma Amin.

Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini adalah hasil perjuangan para pahlawan rakyat Indonesia. Mereka berjuang melawan penjajah bersama semangat rela berkorban yang tinggi. Mereka mempertaruhkan nyawa dan harta demi kemerdekaan bangsa kita. Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah. Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan, tanpa makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa.

Karena atas perjuangan para Pahlawan Indonesia tersebut, pemerintah menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan, yang selalu kita peringati tiap-tiap tahunnya. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menghargai jasa-jasa mereka.
Saudara-saudara sekalian, semangat rela berkorban para pejuang yang begitu besar itu patut kita teladani. Kita harus bersyukur kepada Allah karena telah dapat menghirup udara kemerdekaan. Berkat para pejuanglah, negara ini terbebas dari penjajahan. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berdoa agar amal ibadah para pahlawan yang telah berjasa tersebut diterima oleh Allah SWT.

Ada pepatah yang mengatakan “Negara besar adalah negara yang menghargai jasa para pahlawan-nya”. Oleh karena itu, jadikanlah Negara ini menjadi Negara Besar bersama cara menghargai jasa-jasa mereka. Mungkin cukup sampai di sini yang dapat saya sampaikan, semoga bangsa Indonesia selalu dikaruniai kemerdekaan dan persatuan serta perlindungan dari Allah SWT.

Terima kasih atas perhatiannya, jika ada kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kumpulan pidato mengenai pahlawan diatas adalah karya tulis netizen yang diambil dari berbagai sumber, semoga para pembaca bisa terbantu bersama adanya tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *