Penetapan Awal 1 Ramadhan & Lebaran Idul Fitri 1439 H 2018

Posted on

Laporan Hasil Penetapan Awal 1 Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1439 H 2018 Tanpa terasa kita sudah sampai pada bulan yang penuh berkah bulan “Ramadhan” padahal rasanya baru kemarin kita puasa kini sudah berpuasan lagi, rutinitas menunggu azan magrib dan bangun pagi sebelum azan subuh menjadi rutinitas yang paling indah tiap-tiap tahun. Kita seharusnya banyak bersyukur masih diberikan nikmat umur dan kesehatan sehingga dapat menjalankan ibadah puasa bersama sempurna.

Tidak seluruh orang memiliki kesempatan sampai pada bulan puasa, tidak jarang juga kita jumpai seseorang yang masih bisa bertemu bulan puasa namun tidak bisa menjalankan ibadah tersebut karena sakit atau sudah terlalu tua,bagaimanapun kondisini sekarang yang paling penting adalah bersyukur.

Awal Puasa Ramadhan seringkali menjadi perdebatan sebagian golongan yang ada di Indonesia, mengingat di Indonesia sendiri memiliki beragam golongan umat Islam, tentu mereka juga memiliki metode tersendiri untuk menetapkan awal puasa ramadhan dan penetepan Lebaran Idul Fitri. seluruh boleh saja asalkan sesuai bersama apa yang diyakini.

Yang tidak boleh ikut-ikutan, seperti kita ambil contoh Muhamadiyah dan NU, biasanya terjadi perbedaan antara kedua kelompok Ini, Muhamaddiyah memiliki metode untuk menetapkan Awal Puasa dan Idul Fitri biasanya Muhamadiyah menetapkan awal puasa lebih dahulu dibandingkan NU, sementara NU sendiri berpatokan pada penetapan Pemerintah.

Tahun ini menjadi tahun yang berbeda biasanya penetapan awal puasan dan lebaran berbeda, kali ini diprediksi penetepan Awal Puasan Dan Lebaran Idul Fitri akan sama, mengingat Muhammadiyah sudah menetapakan tanggal awal puasa dan lebaran, adapun laporan tersebut telah dimuat diberbagai berita online seperti Tribun, Kompas, dan Tirto berikut rinciannya.

Penetapan Awal Puasa dan Lebaran Idul Fitri Muhammadiyah

Muhammadiyah menetapakan awal puasa merujuk pada hasil perhitungan hisab atau pengamatan astronomi, dalam sistem hisab kita bisa melihat hitungan awal puasan tidak hanya tahun ini saja tetapi beberapa tahun kedepan, penetapan awal puasa menurut Muhammadiyah 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada 17 Mei 2018. Sementara 1 Syawal Hari Raya Idul Fitri Jatuh pada hari 15 Juni 2018.

Penetapan Awal Puasa dan Lebaran Idul Fitri NU/Pemerintah

Pemerintah bersama bersama NU menetapkan 1 Ramadhan berdasarkan hasil Hasil rukyatul Hilal yaitu melihat posisi bulan, apakah sudah masuk pada bulan Ramadhan atau belum, pemantauan Hilal dilakukan dari beberapa titik yang ada di Indonesia mulai dari Barat, Timur dan Tengah wilayah Indonesia kemudian hasil laporan akan di putuskan dalam sidang Isbat penetapan awal puasa akan jatu pada 17 Mei 2018, sementara Lebaran Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 15 Juni 2018.

Tahun ini Muhammadiyah dan Pemerintah bersama bersama NU menertapakan tanggal yang sama awal puasa dan lebaran idul fitri, hal ini semakin baik karena tidak menimbulkan kebingungan di masyarakat, namun tidak hanya kedua lembaga islam ini saja karena masih ada banyak lembaga islam lainnya yang kemungkinan akan berbeda dalam penetapan awal puasan dan lebaran Idul Fitri.

Untuk metode hilal sendiri penetapan lebaran akan diumumkan kembali melalui sidang isbat satu hari sebelum puasa terakhir di bulan Ramadhan. Jadi kesimpulannya adalah penetapan Awal puasan Idul Fitri tahun ini tidak jauh berbeda bersama tanggalan pada kalender, untuk kita mari kita saling mengajak dalam kebaikan di bulan puasan ini, semoga kita mendapatkan berkah bulan puasa dan seluruh dosa kita dapat diampuni oleh Allah.

Demikian laporan hasil penetapan awal Puasa dan Lebaran Idul Fitri semoga bermanfaat, kami tim dari Novelrw.com mengucapkan selamat beribadah puasa Ramadhan semoga puasa tahun ini kita lebih baik dari puasa tahun lalu, dan semoga keberkahan senangtiasa menyertai kita amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *